Lima Unit Jet Tempur F16 C/D 52ID Tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin

Sebanyak lima unit jet tempur F16 C/D 52ID tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Provinsi Riau, setelah menempuh penerbangan dari Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, Kamis 1 Maret kemarin 2018.

“Lima unit pesawat F16 C/D yang hadir hari ini merupakan bagian dari 24 pesawat F16 C/D yang dibeli dari Amerika Serikat,” kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru.

Jet tempur ini baru diserahkan secara resmi oleh Kementerian Pertahanan Indonesia kepada TNI AU pada Rabu 28 Februari 2018.
F16 C/D 52ID
F16 C/D 52ID
Ia menuturkan, lima jet tempur bekas yang dihibahkan Paman Sam itu secara bertahap akan menggantikan pesawat F16 A/B yang saat ini memperkuat Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Dengan hadirnya pesawat F16 C/D, nantinya F16 generasi sebelumnya akan menjalani peningkatan kemampuan atau upgrade secara bertahap di Lanud Iswahyudi.

“Secara perlahan  Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin seluruhnya akan diperkuat dengan 24 unit pesawat F16 C/D yang merupakan hibah dari Amerika Serikat tersebut.”

Ia menjelaskan seluruh penerbangan Lanud Roesmin Nurjadin telah siap dan mampu menerangkan pesawat generasi baru tersebut.

“Seluruh penerbang di sini sudah mampu menerbangkan seluruh F16. Kapanpun siap tempur, siang, malam, perang udara, darat, laut, siap,” tegasnya.

Indonesia membeli 24 unit F-16C/D Block 25 bekas pakai Angkatan Udara Garda Nasional Amerika Serikat. Kesepakatan yang dikenal sebagai program Bima Sena Peace ini dilakukan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebanyak 24 pesawat tempur tersebut didapat dengan gratis tetapi biaya perbaikan mencapai US$700 juta. Perbaikan meliputi perbaikan struktur dan rangkanya, perangkat avionic dan sistem pendukung persenjataannya sehingga diharapkan setara dengan F-16 Block 52. Namun Amerika tetap menyebut pesawat ini sebagai Block 25.

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya pangkalan militer tipe A di Sumatera yang dilengkapi dua skuadron pesawat tempur TNI AU, yaitu Skuadron Udara 12 yang menerbangkan Hawk 100/200 buatan British Aerospace dan Skuadron Udara 16 yang membesut F-16 Fighting Falcon.

Selain Skuadron Udara 16, Skuadron Udara 3 yang berbasis di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi juga menerbangkan F-16. Bedanya sebanyak 12 unit F-16A/B di Skuadron Udara 3  dibeli dalam kondisi benar-benar baru.

1 Response to "Lima Unit Jet Tempur F16 C/D 52ID Tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin"

  1. mau dapetin bonus kemerdekaan indonesia yang ke 73 dan asian game nanti,
    tunggu apalagi gabung sekarang juga di donacopoker.net agen judi kartu online terpercaya
    agar kalian tidak ketinggalan bonus menariknya
    untuk info selanjutnya bisa langsung hubungi kontak kami di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus