Ini Dia Rudal MANPADS Buatan PT Pindad

Jakarta – Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-72, Kementerian Pertahanan menggelar Pameran Produk Alutsista karya industri pertahanan dalam negeri yang dilakukan, Minggu, 13/8/2017 di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta,  seperti dirilis. Kemhan.go.id.

Pameran ini menghadirkan 35 karya industri pertahanan dalam negeri  yang merupakan hasil rancang bangun anak bangsa Indonesia.
Mockup prototype Rudal MANPADS Pindad
Mockup prototype Rudal MANPADS Pindad
Sejumlah produk industri pertahanan dalam negeri baik dari BUMN maupun BUMS, ditampilkan, antara lain : PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Len Industri, PT Dahana, PT INTI dan PT PAL Indonesia.

Sedangkan dari BUMS antara lain : PT Elektronika Utama ITB, PT Enindo Mitra Tama, PT Infoglobal Teknologi Semesta, PT Infra RCS, PT Garda Persada, PT Robo Marine Indonesia, PT Mega Perkasa Enginering dan PT IPCD.

“Ada beberapa poin, kita sedang kembangkan kapal selam yang ketiga, yang dibangun PT PAL. Kemudian ada beberapa peluru kendali, ini sedang kita kembangkan agar kita tidak tergantung dengan negara lain khususnya untuk peluru kendali,” ujar Sekjen Dr Widodo, kepada Detik.com, Minggu (13/8/2017).

“Propelan, itu juga lagi dikembangkan PT Bahana, mungkin nanti tahun 2019 semuanya bisa terwujud. Kemudian juga ada roket, radar, ini juga merupakan penimbangan untuk ke depan,” ujarnya.
Mockup prototype Rudal MANPADS Pindad
Mockup prototype Rudal MANPADS Pindad
Dari keterangan Sekjen Kemhan itu, satu yang mau kita tekankan, adalah pengembangan peluru kendali.  Selama ini kita lebih banyak mendengar pengembangan roket yang dilakukan oleh LAPAN.

Berbicara soal peluru kendali sejak tahun 2016, PT Pindad telah mengembangkan prototype Man Portable Air Defense System (MANPADS), untuk pertahanan udara yang dilakukan bersama LAPAN dan LAPI ITB.

Menurut Kapuslitbang Alpalhan Kementerian Pertahanan, pembuatan Manpads ini merupakan salah satu program unggulan Balitbang Kemhan karena peralatan pertahanan ini sangat dibutuhkan. Manpads adalah sistem senjata yang digunakan untuk melumpuhkan musuh dengan menggunakan roket kendali, dilengkapi dengan shaped charge warhead. Konsep desain misil dapat menjangkau jarak antara 1 sampai 5 Km dengan kecepatan misil ± 650 m/detik, seperti dilansir Pindad.com.
Fin mirip dengan roket FFAR
Rudal MANPADS karya PT Pindad ini punya diameter 80 mm, sedikit lebih lebar dari roket FFAR (Folding Fin Aerial Rocket) 2.75 inchi (70 mm). Dan melihat dari mockup yang diperlihatkan, desain rudal MANPADS Pindad nampak mencomot desain FFAR, terutama pada bagian ekor yang menggunakan fin. Rudal MANPADS Pindad punya panjang 1.596 mm.

Dari sisi peluncur, panjang keseluruhan, jarak tembak, ketinggian luncur dan spesifikasi yang disebutkan diatas, maka rudal MANPADS Pindad ini akan masuk ke kelas VSHORAD (Very Short Range Air Defence).

0 Comment "Ini Dia Rudal MANPADS Buatan PT Pindad"

Posting Komentar