Kementrian Pertahanan RI Memesan Kapal Selam 22 Meter Buatan Dalam Negeri

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia,  melakukan pemesanan satu unit kapal selam kelas menengah (midget-submarine) kepada PT Palindo Marine Shipyard yang berbasis di Batam. Konstruksi hull/lambung kapal akan dimulai pada September 2017 dan instalasinya dilaksanakan pada tahun 2018

Kapal dengan panjang 22 m dan lebar 3 m tersebut dirancang untuk mampu menyelam pada kedalaman hingga 150 m, kecepatan maksimal di air sebesar 10 knot, baik saat menyelam atau ketika sedang di permukaan air.
Kapal selam PT Palindo marine
Konsep kapal selam kelas menengah (midget-submarine) rancangan PT. Palindo Marine, Indonesia yang diperkenalkan pada Indo Defence 2016. © Navy Recognition
Kapal selam midget tersebut memiliki endurance selama 6 hari serta dapat melaksanakan regenerasi udara selama 3 hari tanpa perlu melakukan snorkeling. Bobot kapal selam saat menyelam adalah 127,1 ton.

Pembuatan kapal selam midget pertama ini, merupakan kerjasama Balitbang Kementerian Pertahanan bersama dengan PT Palindo Marine, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan Balai Teknologi Hidrodinamika-BPPT.
Kapal selam PT Palindo marine
Konsep kapal selam midget 22 meter yang ditampilkan pada Indo Defence 2016. © IHS Jane
Badan kapal selam akan menggunakan bahan baja HY-80 setebal 22 mm, ini merupakan jenis high-tensile alloy steel yang biasa dipergunakan untuk membuat lambung (hull) kapal selam. Khusus untuk bahan baja tersebut akan minta kesediaan PT. Krakatau-Posco (joint venture antara PT Krakatau Steel dan Posco Korea) untuk memasoknya.

0 Comment "Kementrian Pertahanan RI Memesan Kapal Selam 22 Meter Buatan Dalam Negeri"

Posting Komentar