Indonesia Menduduki Peringkat Ke-14 Kekuatan Militer Dunia 2017

Global Firepower Index (GFI) telah merilis peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia. Posisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN yang masuk dalam 14 besar peringkat GFI, dan tertinggi di Asia Tenggara.

Negara Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam daftar tersebut adalah Vietnam di peringkat ke-17, Thailand pada peringkat ke-20 dan Singapura di peringkat ke-64. Meski singapura memiliki kekuatan persenjataan yang superior bukan berarti Singapura menduduki peringkat tinggi dalam hal kekuatan militer di dunia.

Seperti titik merah kecil di peta dunia, dengan luas dan populasi yang kecil menjadikan Singapura tidak mungkin menduduki peringkat tinggi dan bersaing dengan negara lain yang lebih besar.
Global firepower
Global firepower
Pada tahun 2016 peringkat kekuatan militer dunia yang dirilis oleh situs Global Firepower, Singapura berada di peringkat ke-64 dari 126 negara di seluruh dunia, tetangganya Indonesia berada di urutan ke-14 dan Malaysia berada di tempat 34 atau satu tingkat dibawah Mynmar yang menduduki posisi 33.

Sementara itu China menduduki peringkat ke-3 terkuat didunia, atau menjadi Naga Asia dengan peringkat pertama di seluruh Asia, mengalahkan India yang di posisi ke-4, Jepang di posisi ke-7 dan Korea Selatan di posisi 11.

Peringkat tersebut diukur berdasarkan lebih dari 50 faktor, termasuk anggaran militer, kekuatan personel, dan jumlah alutsista yang dimiliki suatu negara. (globalfirepower.com)
Berita Terbaru

    1 Response to "Indonesia Menduduki Peringkat Ke-14 Kekuatan Militer Dunia 2017"

    1. TNI hrs persiapkan diri uttk perang rakyat semmesta bila pecah peerang korea, akan ada kekuatan besar yg bisa masuk kewilayah NKRI ini dpt kita lihat dr sejarah Nusantara serangan militer dr mongol, dr eropa yg menghancurkan peradaban Nusantara dan NKRI yg terdepan adalah TNI sbg pertahanan negara Indonesia hrs meengambil ini siatif utk kelangsungan hidup NKRI yaitu menyiapkan gudang senjata di setiap propinsi/kabupaten/kecamatan sbg depo senjata laras panjang sbg perlawanan rakyat semesta. Airbah militer china sangat kuat shg akan mengancam NKRI, sdg kan militer eropa sdh berada di australia dg strateginya indoonesiia di biarkan digilas china baru amirika dg perkuatan masuk ke NKRI sdh babak beelur dan NKRIi dlm kedudukan kekuatan eropa. Ini yg hrs kita antisiipasi dg kekuatan2 militer yg ada sekarang...

      BalasHapus