Penampilan Tank Terbaru MBT Leopard 2 RI, Dan Uji Coba KRI Teluk Bintuni Khusus Angkut Leopard

Gambar Main Battle Tank Leopard 2 RI namun dengan turret yang menghadap ke belakang. Kini mulai muncul foto foto yang menunjukkan muka dari MBT Leopard 2 RI ini. Indonesia baru menerima 8 dari 61 unit yang dipesan dari Jerman Barat, yang diupgrade oleh Rheinmetall Defence.
Main Battle Tank Leopard 2 RI
Main Battle Tank Leopard 2 RI
Main Battle Tank Leopard 2 RI, di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Main Battle Tank Leopard 2 RI
Main Battle Tank Leopard 2 RI
Uji Coba KRI Teluk Bintuni Kapal Pengangkut MBT Leopard
KRI Teluk Bintuni 520
KRI Teluk Bintuni 520 kapal angkut Tank, buatan PT Daya Radar Utama Lampung
Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda Darwanto menerima kunjungan Kepala Pusat Konstruksi Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI, Brigjen TNI Zaenal Arifin, di Koarmatim Ujung, Surabaya. Kamis, (16/6/2016).

Usai melaksanakan pertemuan singkat, Brigjen Zaenal Arifin beserta Pangarmatim dan rombongan meninjau Uji Coba metoda pengamatan fisik, embarkasi dan debarkasi Tank Leopard keluar dan masuk KRI Teluk Bintuni-520 melewati Dermaga Beaching yang telah selesai dibangun. Pelaksanaan Uji Coba Beaching Plate dan uji rampa, turn table serta snatchwinch dilakukan ke KRI Teluk Bintuni-520 yang bersandar di Dermaga E Koarmatim.
MBT Leopard 2A4 TNI
MBT Leopard 2A4 TNI
Kegiatan ini merupakan tindaklanjut pembangunan kekuatan TNI AL TA.2014, yang telah dilaksanakan pembangunan fasilitas Beaching Plate di kolam labuh Koarmatim. Selain itu, uji coba juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan Beaching Plate yang dibangun dan kemampuan rampa, turn table serta snatchwinch KRI Teluk Bintuni-520, dalam mengangkut Tank MBT Leopard.

Pengujian secara bersamaan dimaksudkan agar dalam pelaksanaan operasional KRI, dapat berlangsung secara maksimal untuk mendukung mobilisasi MBT melalui Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) Ujung Surabaya dapat dilaksanakan dengan baik, lebih efektif serta efisien.

Proses uji embarkasi dan debarkasi kapal angkut Tank Leopard milik TNI AD
KRI Teluk Bintuni 520
KRI Teluk Bintuni-520 melakukan uji coba proses embarkasi dan debarkasi material tempur Tank Leopard milik TNI AD, pada hari Kamis (16/06) kemarin. Uji coba dengan kapal perang jenis landing shift tank (LST) milik TNI Angkatan Laut itu dilakukan di Dermaga E-S, Koarmatim, Ujung Surabaya.

Uji coba ini menggunakan tiga unit Tank Leopard dari Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad yang berada di Pasuruan, Jawa Timur.

Uji coba ini disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Konstruksi Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Zaenal Arifin, Panglima Armada RI Kawasan Timur, Laksamana Muda TNI Darwanto, Komandan Satlinlamil Surabaya, Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, Komandan Batalyon Kavaleri 8 Beji Pasuruan, Letkol (Kav) Depri Rio Saramsi, dan perwakilan dari PT DRU Lampung.

Komandan Satlinlamil Surabaya menjelaskan bahwa uji coba kemampuan KRI Teluk Bintuni-520 dalam mengangkut Tank Leopard berjalan dengan aman dan lancar. Selain itu, keluar masuk (docking undocking) kapal jenis LST ini juga menghasilkan data yang dibutuhkan saat docking undocking.
Tank Leopard Batalyon Kavaleri 8 Pasuruan sedang keluar dari KRI Teluk Bintuni-520 saat uji coba proses embarkasi dan debarkasi di Dermaga E-S, Koarmatim, Ujung Surabaya, Kamis (16/06). (Dispen Kolinlamil for JPNN.com)
“Meskipun KRI Teluk Bintuni-520 didesain untuk mengangkut Tank Leopard, namun harus tetap diujicobakan agar kita mengetahui kemampuannya,” kata Kolonel Laut (P) Riduwan.

KRI Teluk Bintuni-520 berada dijajaran Satuan Lintas Laut Militer Surabaya. Kapal yang diproduksi oleh PT Daya Radar Utama Lampung itu memiliki kemampuan daya angkut hingga 476 pasukan, sepuluh Tank Leopard, dan dua unit helikopter.

Sementara, Tank Leopard merupakan salah satu Alutsista baru yang dimiliki TNI AD. Tank berbobot 62 ton itu memiliki kapasitas mesin 47.000 cc, RPM 2.600/min dengan tenaga kuda 1.497 hp. Tank buatan Jerman itu bisa berjalan sejauh ratusan kilometer serta mampu menembakan peluru kaliber 120 mm hingga 125 mm dengan jarak efektif empat kilometer. (tnial.mil.id, jpnn, rmol)

0 Comment "Penampilan Tank Terbaru MBT Leopard 2 RI, Dan Uji Coba KRI Teluk Bintuni Khusus Angkut Leopard"

Posting Komentar