TNI Angkatan Laut Berangkatkan Calon Awak Kapal Selam Ke Korea Selatan

Jakarta – Aggota TNI Angkatan Laut yang akan ditempatkan sebagai awak kapal selam baru pesanan TNI AL segera diberangkatkan ke Korea Selatan. Keberangkatan awak kapal ini dilakukan setelah jadwal serah terima kapal selam baru pesanan TNI AL diputuskan awal 2017.

Usai memimpin upacara Hari Pendidikan Komando Pengembangan Pendidikan Ke-70 TNI AL di Surabaya, Jawa Timur, (12/5/2016), Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi mengatakan, satu dari tiga kapal selam yang dipesan TNI AL telah diluncurkan ke laut dan kini dalam tahap penyelesaian.
Kapal Selam KRI 403 Nagabanda
Kapal Selam KRI 403 Nagabanda
Peluncuran kapal selam baru dilakukan pada Maret 2016 atau sekitar tiga tahun sejak tiga kapal selam type 209 tersebut dipesan dari perusahaan asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine, senilai Rp 14,5 triliun. Untuk alih teknologi, satu kapal selam dikerjakan bersama antara PT PAL Surabaya dan Daewoo, Korsel.

“Tim yang akan menjadi kru kapal telah disiapkan. Kini, beberapa tim yang telah disiapkan masih berlatih di dalam negeri di atas kapal-kapal permukaan. Pada saatnya, mereka akan dikirim ke Korsel untuk mempelajari dan mengoperasionalkan kapal-kapal selam tersebut. Semua proses berjalan normal,” ujar Laksamana Ade.

Tentang nama kapal selam Chang Bogo ini, laksamana Ade menambahkan, pemerintah dan TNI AL telah mempersiapkannya. Namun, hal itu belum bisa diungkapkan. “Kami akan mengumumkannya saat kapal selam diluncurkan resmi di dalam negeri,” tutupnya.

3 Comments

  1. Mantabs. Semoga 100th ke depan Indonesia damai dan makin Jaya!
    Kalau damai, gak banyak keluar energy, kedudukan makin kuat.

    BalasHapus
  2. Semoga dpt berjalan lancar, agar keamanan kawasan terjaga..

    BalasHapus
  3. Good job indonesia ku semoga tetap jaya

    BalasHapus