Video: Kehebatan Tank T90 Mampu Menangkis Tembakan Rudal Anti Tank

Video dibawah ini memperlihatkan tank T-90 tentara Suriah dihantam rudal anti tank. Seiring dengan ledakan yang menghantam tank, terlihat pecahan utama rudal anti tank tersebut terpental ke samping yang diperkirakan akibat perlindungan dari lapisan Explosive Reactive Armour (ERA) Kontakt-5. Walau tank tersebut mengalami kerusakan, tapi awak di dalamnya berhasil keluar dengan selamat.
T90 Tank
Syrian Army T90
Kontakt-5 memang diciptakan untuk meminimalkan korban awak tank dan mengurangi tingkat kerusakan tank. Mulai digunakan sejak tahun 1985, Kontakt-5 terdiri dari lempengan kotak peledak yang terjepit di antara dua pelat logam. Plat disusun sedemikian rupa untuk bergerak ke samping dengan cepat saat diledakkan rudal anti tank yang masuk. Ledakan ke samping akan memaksa amunisi rudal terpental atau setidaknya membelokkan arah ledakan ke samping tank.

T-90 sebenarnya juga dilengkapi dengan Shtora-sebuah perangkat perlindungan aktif yang dirancang untuk melindungi tank dengan mengganggu sistem bimbingan kawat atau infra merah peluru kendali. Belum terkonfirmasi kebenaran dari video ini karena sistem Shtora sepertinya gagal melindungi tank T-90.


Kota Aleppo memang menjadi medan tempur dahsyat yang sudah banyak menelan korban rakyat sipil, milisi maupun pasukan keamanan Suriah.

0 Comment "Video: Kehebatan Tank T90 Mampu Menangkis Tembakan Rudal Anti Tank"

Posting Komentar