Indonesia Akan Produksi Jet Tempur Sendiri Tahun 2020

Indonesia melalui PT Dirgantara Indonesia akan mulai memproduksi pesawat tempur Indonesian Fighter Xperiment (IFX) pada 2020 dan akan berlangsung hingga 20 tahun kedepan yakni 2040.

“Pesawat ini mulai produksi pada 2020 dan berlanjut sampai 20 tahun,” kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso di kantor PT DI, Bandung, Kamis 11 Januari 2016 sebagaimana dikutip Antara.
Jet Tempur IFX Indonesia
Jet Tempur IFX Indonesia
Produksi pesawat tempur tersebut untuk memenuhi kebutuhan militer Indonesia sebanyak dua skuadron dan untuk penjualan ke negara lain.

Ia mengatakan kontrak kerja sama tahap dua yang dilakukan Indonesia melalui Kementerian Pertahanan dengan Defence Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan dan PT DI dengan Korean Aerospace Industries (KAI) pada Januari lalu merupakaan permulaan pengembangan pembuatan pesawat purwarupa.

Pembuatan purwarupa pesawat Korean Fighter Xperiment/Indonesian Fighter Xperiment dilakukan mulai 2016 hingga 2019 di Korea Selatan dan di Indonesia. Pembuatan dua unit pesawat purwarupa akan dilakukan di Korea Selatan dan satu unit pesawat sisanya dirakit di Indonesia.

Pengerjaan pembuatan pesawat tersebut juga melibatkan ilmuwan dan teknisi dari Indonesia dalam jumlah yang berbeda-beda di setiap unit.

0 Comment "Indonesia Akan Produksi Jet Tempur Sendiri Tahun 2020"

Posting Komentar