Kapal Selam KRI Cakra 401 Rencananya Akan Melakukan Maintenance, Repair Dan Overhaul

Kapal Selam KRI Cakra 401, Operasi Hiu Kencana
Kapal selam KRI Cakra 401 rencananya melakukan maintenance, repair dan overhaul (MRO), seperti yang dilansir oleh Janes.com yang mengutip sumber TNI AL. Ada proposal yang masuk secara terpisah, dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) Korea Selatan dan galangan kapal DCNS Prancis. DSME merupakan galangan yang membangun produksi Changbogo Class dan juga yang mengerjakan proyek repowering KRI Nanggala 402 pada tahun 2012.

Sementara DCNS, belum lama ini baru saja menawarkan proyek kasel Scorpene Class 1000 ke Indonesia.

Proposal dalam proyek MRO mencakup pengaturan dan pembagian tugas yang dilakukan bersama mitra lokal, yakni PT PAL untuk skema ToT. Disebutkan proposal MRO ini bernilai US$40 juta untuk modernisasi KRI Cakra 401 agar alutsista ini dapat terus beroperasi hingga tahun 2024. Pada Januari 2014, PT PAL pernah menyebut KRI Cakra 401 sudah dijadwalkan untuk menjalani MRO.

Proyek MRO nantinya cukup strategis, karena mencakup perbaikan mesin, instalasi perangkat elektronik baru, penggantian tiang periskop, dan upgrade Combat Management System. Jika DCNS yang dipilih, berarti ada teknologi baru yang ingin diserap oleh PT PAL perihal pembuatan kapal selam. Namun hingga kini belum diketahui, pihak mana yang akan melakukan overhaul KRI Cakra 401. (defence.pk)

0 Comment "Kapal Selam KRI Cakra 401 Rencananya Akan Melakukan Maintenance, Repair Dan Overhaul"

Posting Komentar