Helikopter Serang Ka-52 Alligator Mampu Menembus Segala Medan Cuaca

Ka-52 Alligator
Helikopter Serang Ka-52 Alligator Rusia
Helikopter serang segala cuaca, Ka-52 Alligator (NATO menyebutnya Hokum-B) dikembangkan oleh Kamov Design Bureau. Ka-52 diluncurkan pada Desember 1996 dan terbang pedana pada Juni 1997. Heli serang dengan panjang 16 meter dan berat kosong 8 ton ini mulai diproduksi masal pada 2008. Ka-52 Alligator dirancang untuk menghancurkan tank, kendaraan lapis baja, target udara yang bergerak dengan kecepatan rendah, dan pasukan terdepan musuh.

Helikopter Ka-52 Alligator dibuat untuk menggantikan Ka-50 Black Shark yang memperkuat Angkatan Udara Rusia. Desain Ka-52 hampir sama dengan Ka-50, namun memiliki hidung lebih lebar dan kokpit lebih besar karena terdapat dua kursi pilot yang berdampingan. Kedua pilot duduk di kursi ejeksi K-37-800M. Helikopter serang ini dapat diterbangkan oleh salah satu pilot.
Ka-52 Alligator
Ka-52 Alligator
Ka-52 Alligator
Ka-52 Alligator kokpit
Kokpit helikopter Ka-52 Alligator dilengkapi dengan head-up display (HUD), empat monitor display multifungsi SMD 66, helmet-mounted sight display, penguat gambar dan penerima GPS. Kokpit‚ Ka-52 juga dilengkapi dengan radio-locator, alat navigasi, dan sistem tempur yang terindegrasi "Phazotron", sehingga heli ini dapat terbang pada cuaca buruk dan malam hari.
Ka-52 Alligator
Ka-52 Alligator
Helikopter serang Ka-52 dilengkapi dengan satu kanon 30 mm (460 putaran). Heli ini memiliki sayap dengan enam cantelan untuk mengangkut berbagai persenjataan, seperti rudal anti tank yang dipandu VIKHR dengan jangkauan 8 hingga 10 km, rudal dipandu laser ATAKA, peluncur roket B8V-20 untuk roket S-8. Ka-52s juga dapat membawa rudal udara-ke udara Igla-V.

Helikopter Ka-52 Alligator memakai dua mesin turboshaft Klimov VK-2500 yang masing-masing menghasilkan tenaga 2,400 hp. Mesin dilengkapi dengan sistem kontrol digital otoritas penuh terbaru (FADEC). Helikopter ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 300 km/jam dan mencapai ketinggian 5,5 km. Daya jelajah Alligator sejauh 520 km, dengan terbang feri mampu mencapai 1.200 km.

Rotor coaxial membuat KA-52 mampu bermanuver di ruang terbatas sehingga dapat cepat mengubah posisi saat menyerang musuh. Heli ini menggunakan radar Phazotron FH-01 Millimeter Wave Radar (MMW) dengan dua antena untuk mencari target-target di udara dan di daratan. Heli ini juga dibekali perangkat perang elektronik seperti IR (infra-red) aktif, electronic jammers, radar warning receiver (RWR), sistem deteksi laser, senser peringatan rudal IR, dan flare atau chaff UV-26. (tempo.co)
Berita Terbaru

    1 Response to "Helikopter Serang Ka-52 Alligator Mampu Menembus Segala Medan Cuaca"

    1. TNI AU hrs punya heli serang KA-52, heli sangat strategis di medan berhutan dg tiba2 menyerang tank2 lawan dan juga memberukan dukungan pasuka depan

      BalasHapus