Indonesia Beli Helikopter AgustaWestland AW-101 Untuk TNI Dan Kepresidenan

helikopter AgustaWestland AW-101
Helikopter AgustaWestland AW-101
Indonesia baru saja mendatangkan helikopter AgustaWestland AW-101. Heli ini akan dipakai sebagai alat transportasi khusus bagi Very-Very Important Person (VVIP) dalam melakukan kunjungan, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sekretaris Militer Kepresidenan (Sesmilpres) Marsekal Madya Hadi Tjahjanto mengatakan pemerintah tak terlibat sama sekali dalam pembelian helikopter mewah tersebut. Pengadaan itu sepenuhnya inisiatif Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

"Pengadaannya dilakukan TNI AU. Sedangkan kami hanya pengguna saja," ungkap Hadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (18/11).
Agusta Westland AW101 VIP kokpit
Terpisah, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto mengungkapkan pembelian pesawat ini dilakukan untuk menggantikan helikopter VVIP SuperPuma. Heli tersebut sebelumnya kerap mengantarkan Jokowi ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

"Kita kan punya SuperPuma dan sudah lama sekali. Kalau Presiden yang pakai itu lain urusan," jelas Badarmanto saat dihubungi merdeka.com.

Badarmanto menambahkan, helikopter SuperPuma tetap akan digunakan sebagai heli VVIP, namun sebagai cadangan. Dibandingkan sebelumnya, AW-101 ini memiliki banyak keunggulan, terutama keamanan bagi penumpangnya.

"Logikanya akan lebih safe, engine dengan putaran baling-baling berbeda, pastinya akan lebih baik," tandasnya.

Secara kapasitas, heli ini memiliki panjang 19,53 meter dan ketinggian 6,62 meterm, sehingga memiliki ruang yang besar dan mampu mengangkut 13 orang penumpang ditambah 3 orang kru. Di dalamnya terpasang 3 unit mesin Rolls-Royce Turbomeca RTM322-01 turboshafts bertenaga 2.100 tenaga kuda.
Agusta Westland AW101 VIP cabin interior
Agusta Westland AW101 VIP cabin interior
AgustaWestland AW101 dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya, di mana terdapat beberapa fasilitas kelas VVIP. Tak hanya itu, heli ini memiliki standar keamanan seperti perahu karet, sarana bantalan udara seperti airbag saat terjadi benturan.

Dengan kenyamanan dan keamanan yang dimilikinya, heli ini dibanderol sebesar Rp 289,37 miliar atau USD 21 juta.

 Setiap blusukan, Jokowi bakal pakai helikopter baru AW-101

Presiden Joko Widodo akan menggunakan helikopter baru jika menggelar kunjungan ke daerah terpencil. Heli baru itu adalah AgustaWestland AW-101, hasil joint venture antara Westland Helicopters di Inggris dan Agusta di Italia.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Dwi Badarmato mengatakan, helikopter ini akan dipakai untuk kepentingan VVIP, termasuk presiden dan wakil presiden. Terdapat sejumlah keunggulan dibandingkan heli SuperPuma yang dipakai Jokowi sebelumnya.
Helikopter AgustaWestland AW-101
Helikopter AgustaWestland AW-101 (Baling-baling bisa dilipat)
"Helikopter ini di atasnya SuperPuma, punya daya angkut lebih besar dan endurance lebih baik," ungkap Badarmanto saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (18/11).

Heli baru ini ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma. TNI Angkatan Udara berencana menambah lebih banyak helikopter jenis ini hingga menjadi satu skadron khusus.

"Kita ingin melengkapi satu skadron dengan bermacam-macam pesawat," tandasnya.

Sekali terbang, heli ini mampu mengangkut 13 orang di dalamnya. (merdeka.com)

1 Response to "Indonesia Beli Helikopter AgustaWestland AW-101 Untuk TNI Dan Kepresidenan"

  1. Setuju untuk pemimpin yg lama aq rindukan spt bp jokowi terhormat..yg bnyk dihujat rakyat terbodoh sejak era soeharto. Tp yg janggal alasan apa memborong heli vvip terlalu banyk? Bukankah pswt tempur tni au sangat miskin bila dibanding jumlahnya dg aussie dan singapore..lbh baik jet tempur AU ditingkat kan jumlahnya hgg 500 unit khusus tempur agar bisa menjaga seluruh pelosok daerah terpencil krn saat ini usa dan konco2nya sdh mengepung seluruh nusantara...sy kira tni tidak akan sanggup melawan klw mereka sudah bergerak..pikirkan jendral!!!!..jgn jadi badut sok jago tp konyol....menurut sy rangking militer tni yg diposting F global adalah naif dan palsu...tni terlalu lemah utk menduduki rangking 12 dunia...? Krn tni hgg sekarang hny mengandalkan otot tni prajurit catam...lbh miris lagi para jendral tolol tni sangat anti kapal induk..!!! Yg mana justru saat ini negara2 lain berlomba2 menciptakan kpl induk canggih sejagad...jgn sll salahkan koruptor bila suatu saat nusantara jatuh ke tangan negara tetangga kecil spt singapore dn malingsia......adios amigo.

    BalasHapus