Hati-hati Beli Pesawat Bekas Ibarat Orang Sepuh Yang susah Berjalan Goyah Sedikit Langsung Ambruk

F-16 Block 52 TNI
F-16 Block 52 TNI Ambruk setelah terbakar di Bandara Halim Jakarta
Kala itu TNI AU berkeinginan membeli pesawat tempur untuk menggantikan F-5 Tiger yang sudah tua. Maka dilakukanlah pengkajian yang mendalam, oleh para user termasuk pilot pilot tempur senior TNI AU. Hasilnya diputuskan membeli 6 pesawat tempur F-16 Block 52 dengan persenjataan lengkap. Usulan itu pun didorong ke pemerintah.

Setelah pengkajian dan sebagainya, pemerintah saat itu memutuskan untuk membeli pesawat F-16 bekas. Jumlahnya fantastis menjadi 24 pesawat namun varian block 25 dan bekas.

Apa yang terjadi ?. Dari pengiriman lima pesawat pertama, dua pesawat refurbish F-16 Block 25 mengalami crack. Kemudian 5 rencana pengiriman F-16 gelombang kedua, satu mengalami crack, sehingga pengiriman tertunda.

“Kalau orang membuang sampah ke kita, orang itu seharusnya membayar ke kita. Ini yang terjadi, kita membayar sampah yang dibuang orang”, ujar Marsekal Agus Supriatna sambil berseloroh, 24/11/2015.

Bahkan Amerka Serikat berencana meminjam satu mesin F-16 untuk menutupi satu pesawat yang crack, untuk pengiriman lima pesawat gelombang kedua. “Jangan dikasih !. Kita yang mau membeli pesawat, kok mereka malah hendak meminjam mesinnya ke kita”, ujar KASAU.

Dan seperti yang kita ketahui, satu dari pesawat F-16 Block 25 terbakar, saat hendak take off di Lanud Halim Perdana Kusumah, beberapa waktu silam.

“Kini pesawat bekas F-16 itu, paling hanya bisa dipakai untuk fly pass saja”, ujar KASAU.

“Syukurlah kini, apa yang telah dikaji dan diinginkan user, itulah yang dibeli oleh pemerintah”.

Kita tidak hendak mencari-cari kesalahan di masa lalu, tapi ini menjadi pembelajaran bagi kita semua, untuk melangkah ke depan”, ujar Marsekal Agus Supriatna di Wisma Angkasa, Kebayoran Baru, Jakarta, 24/11/2015.

0 Comment "Hati-hati Beli Pesawat Bekas Ibarat Orang Sepuh Yang susah Berjalan Goyah Sedikit Langsung Ambruk"

Posting Komentar