Parlemen Indonesia Setujui Investasikan Anggaran Untuk Proyek Jet Tempur Siluman KFX

Indonesian Fighter X-periment (IF-X/KF-X)
Indonesian Fighter X-periment (IF-X/KF-X)
Parlemen Indonesia telah menyetujui batch pertama dana sebesar 89 miliar Won untuk diinvestasikan dalam pengembangan bersama (jointly developing) jet tempur baru Korea Selatan.

Seorang pejabat kedutaan Korea Selatan di Jakarta mengatakan Sabtu, bahwa parlemen Indonesia menyetujui dana untuk proyek, yang dijuluki KF-X.

Menyusul disetujuinya anggaran ini, maka pemerintah Korea Selatan dan Indonesia, serta perusahaan kedirgantaraan yang berpartisipasi, Korea Aerospace Industries (KAI) dan PT Dirgantara Indonesia, akan memulai negosiasi untuk menandatangani kesepakatan proyek pada awal November di Jakarta.

Indonesia berencana untuk menanggung biaya sebesar 1,7 triliun Won atau 20 persen dari biaya pengembangan pesawat KF-X.

Dengan munculnya lampu hijau di batch pertama ini, Lembaga Program Akuisisi Pertahanan, Defense Acquisition Program Administration (DAPA), Seoul, meyakini Indonesia akan menyetujui anggaran yang tersisa di fase yang ditentukan.

Berdasarkan perjanjian dasar dari pengembangan bersama pesawat KF-X yang ditandatangani tahun lalu, Indonesia akan menerima satu jet tempur percobaan dan informasi yang berhubungan dengan desain pesawat. Insinyur Indonesia juga akan mengambil bagian dalam proyek ini.

Teknologi Siluman KF-X Korea Selatan jauh lebih maju

Seoul – Badan Pembangunan Pertahanan Korea Selatan telah resmi mengatakan bahwa teknologi siluman disertakan dalam proyek jet tempur dalam negeri Korea Selatan, yang dijuluki KF-X.

Presiden Lembaga tersebut, Chung Hong-yong membuat pernyataan itu pada pertemuan pleno Komite Majelis Pertahanan Nasional pada hari Jumat, 30/10/2015.

Ditanya tentang bagaimana wujud dari teknologi canggih siluman Korea Selatan, Chung mengatakan dia tidak bisa terbuka mengungkapkan rinciannya, tapi teknologi siluman itu akan masuk ke jet tempur.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat menolak permintaan Seoul untuk transfer teknologi siluman untuk proyek pesawat KF-X, tetapi Korea Selatan telah mengembangkan teknologi sendiri sejak tahun 1997.

Chung mengatakan teknologi siluman Korea Selatan jauh maju dalam segi desain dan bahan, menambahkan bahwa diskusi sedang berlangsung tentang penerapan teknologi yang telah dikembangkan tersebut. (Kbs.co.kr)
Berita Terbaru

    0 Comment "Parlemen Indonesia Setujui Investasikan Anggaran Untuk Proyek Jet Tempur Siluman KFX"

    Posting Komentar