Indonesia Melirik F-16V Jet Tempur Generasi Terbaru Produksi Lockheed Martin

F-16 Viper
F-16 Viper
Lockheed Martin akan menggoda Indonesia dengan menawarkan F-16V, varian paling mengerikan dari F-16. Sebagai upaya untuk merayu Indonesia, Lockheed Martin berniat akan membawa demonstran kokpit F-16 ke Indonesia minggu ini untuk menunjukkan kemampuan versi terbaru dari multirole fighter F-16 Fighting Falcon. “F-16V menawarkan kemampuan generasi 4 paling canggih yang tersedia di pasar saat ini, termasuk Scalable Agile Beam Radar (sabr) dan perangkat tambahan ke komputer misi pesawat, sistem kendaraan, struktur pesawat, kokpit dan sistem peperangan elektronik,” demikian ditulis dalam siaran pers yang dimuat di resmi Lockheed Martin Rabu 7 Oktober 2015.

Disebutkan F-16V adalah konfigurasi generasi berikutnya yang bisa memanfaatkan infrastruktur pemeliharaan di seluruh dunia dan memberikan peningkatan kemampuan yang signifikan dan merupakan jet tempur multi peran paling efektif di dunia. Konfigurasi upgrade dan lini produksi yang luas menjadikan armada F-16 menjadi yang paling dominan di seluruh dunia.  Sebagai salah satu negara pengguna F-16, Indonesia sepertinya dibidik untuk meningkatkan kemapuan Falcon-nya menjadi standar F-16V

Lockheed menyatakan dengan lebih dari 4.500 F-16 dikirim, F-16V adalah langkah alami dalam evolusi yang paling sukses dari pesawat tempur generasi ke-4 tempur di dunia. Program Fighting Falcon telah terus-menerus berkembang sejak dimulai dengan F-16 A / B sebagai jet tempur ringan kemudian melahirkan F-16 C / D Block 60 dan berbagai versi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berkantor pusat di Bethesda, Maryland, Lockheed Martin adalah perusahaan keamanan dan kedirgantaraan global yang mempekerjakan sekitar 112.000 orang di seluruh dunia dan terutama bergerak dalam penelitian, desain, pengembangan, manufaktur, integrasi dan pemeliharaan. Pada 2014 perusahaan ini membukukan penjualan hingga US$45,6 miliar.

F-16V Produk Paling Anyar
Demi memperkuat pertahanan TNI, Indonesia membuka ‘pintu’ bagi perusahaan Lockheed Martin untuk membuktikan pesawat tempur F-16V adalah produk anyar nan apik.

“Dengan Indonesia masih dalam proses request of information, namun ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk menunjukan bahwa F-16V adalah pembaruan yang hebat,” ujar Randy Howard selaku F-16 Business Development kepada awak media di Jakarta.

Ia melanjutkan, “jika semua berjalan mulus, Indonesia bakal jadi yang pertama untuk memiliki produksi pertama dari F-16V.”

F-16V merupakan generasi keempat dari lini produk F-16. Pesawat tempur ini memiliki panjang 15 meter dengan tinggi 5 meter dan bentang sayap 10 meter.

Lockheed Martin mengklaim kecepatan maksimum F-16V bisa mencapai 2414 kilometer per jam.

Ini bukan kali pertama pihak Lockheed Martin yang bermarkas di Bethesda, Maryland, AS untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pengembangan pesawat tempur TNI AU.
F-16V Fighting falcon
F-16V Fighting falcon
Sementara Chief Test Pilot Paul Randall yang juga hadir dalam jumpa pers menambahkan, F-16V mengalami pembaruan dari segi sistem radar yang lebih baik bernama Scalable Agile Beam Radar (SABR), kemampuan mencium adanya gelombang listrik dari luar pesawat, serta sensor yang terhubung dengan program komputer sehingga si pengemudi bisa langsung menavigasi atau mengarahkan dengan otomatis.

Dukungan produk F-16V turut datang dari Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake Jr.

“Selain soal keamanan, sistem radar pada pesawat tempur F-16V yang sudah mengalami pembaruan ini saya harap bisa berguna untuk pemantauan kondisi laut. Saya yakin pesawat ini bisa membantu memodernisasikan kekuatan militer Indonesia,” tutur Blake.

Menurut penuturan Howard, jika Indonesia sudah berada di tahap persetujuan menggunakan pesawar tempur F-16V, kira-kira masa pengiriman pesawat ini memakan waktu 30 sampai 36 bulan. (cnnindonesia)

Perbedaan F-16V, Block 52 atau Block 60
Webelbit f-16 upgrades
Webelbit F-16 upgrades
Seperti diberitakan sebelumnya Lockheed Martin akan menawarkan F-16V ke Indonesia. Sebuah varian terbaru dari F-16. Bukan berarti Lockheed akan meminta Indonesia membeli pesawat baru, tetapi bisa berupa upgrade dari Fighting Falcon yang ada dimiliki Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya sesuai dengan F-16V. Dengan kata lain F-16V adalah salah satu block dari F-16.

Apa itu Block? Model F-16 ditandai dengan peningkatan jumlah block untuk menunjukkan upgrade. Setiap block dari pesawat memiliki berbagai perangkat lunak, perangkat keras, sistem, kompatibilitas senjata dan perangkat tambahan struktural dan dapat disesuaikan untuk pelanggan tertentu. Dan berikut sejumlah block F-16 terbaru yang ada sekarang ini.

F-16V Viper
F-16V
F-16V
F-16V adalah hasil terbaru dari evolusi F-16. Memanfaatkan 40 tahun pengalaman, F-16V mengusung sejumlah perangkat tambahan seperti Radar AESA, arsitektur canggih, layar pusat baru dan persenjataan terbaru. Hal ini meningkatkan kesadaran situasional pilot dan memberikan peningkatan kemampuan operasional. F-16V menawarkan dua hal, yakni membeli pesawat baru atau mengupgrade pesawat lama menjadi standar F-16V.

Pemerintah Taiwan misalnya telah memilih konfigurasi F-16V untuk upgrade pesawat 145 F-16 A / B Block 20. F-16V pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu di Singapore Airshow.

F-16 Block 50/52
F-16 Block 52
F-16 Block 52
Block 50/52 adalah delapan block modifikasi utama dari F-16. Kemampuannya terus meningkat dengan dimasukannya teknologi baru. Kebanyakan peningkatan didapat dari pengalaman tempur.

Block 50/52 perbaikan meliputi:
  1. Mesin yang lebih kuat
  2. Layar kokpit berwarna
  3. Sistem peperangan elektronik baru
  4. senjata Advanced dan sensor
F-16 Block 60
F-16 Block 60
F-16 Block 60
F-16 Block 60 membawa sejumlah sistem baru untuk menjaga kemampuan tempur untuk melawan pesawat-pesawat tempur terbaru di berbagai belahan dunia. Beberapa peningkatan pada block ini meliputi
  1. Tanki bahan bakar konformal yang secara signifikan memperluas jangkauan pesawat
  2. Sistem kontrol penerbangan baru yang lebih canggih dan kemampuan deteksi radar yang lebih tinggi
  3. Semua avionik baru untuk memberikan kepada pilot data sensor lebih banyak dan kesadaran situasional ditingkatkan

Berita Terbaru

    6 Comments

    1. jika membeli F16, siapa yang akan takut sama indonesia... berbeda ketika indonesia membeli pesawat tempur rusia... jelas langsung kelihatan effectnya, berapa kali intercept yg dilakukan sukhoi???

      BalasHapus
      Balasan
      1. bener bro.. biarpun versi upgrade, versi baru, modernisasi.. tetep aja F-16..
        ibarat ibu2 umur 45 tahun tapi didandanin biar kaya abg....
        terus bilang nih brooo... produk terlaris didunia punya rasa baru...

        namanya juga orang jualan hehe

        Hapus
    2. tni gk perlu pesawat cukup jatman trus tempelin bom modiar deh pesawat musuh

      BalasHapus
    3. Membeli F16 Baru tapi Dapat TOT, baru benar haa haaa haaa Daripada yang bekas terus hee hee hee Banyakin Korupsi ia biar dapat yang bekas terus hee heee heee

      BalasHapus
    4. Membeli Sukhoi 35 Namun kaga Dapat TOT Percuma juga katanya harus Dapat TOT hee heee hee terpenting jelajah Tempur nya Luas, tapi F16 sudah kenyang dengan Pengalaman Tempur hee heee

      BalasHapus
    5. Membeli Pesawat Tempur Baru Harus Dapat TOT tengok Pengalaman Tempur nya hee heee F16s Viper Cukup Bagus tapi harus dapat TOT, Sambil menunggu Kedatangan KFX/IFX semoga berhasil membuat pesawat Tempur 4+++++

      BalasHapus