Malaysia Akan Beli Kapal Mistral Prancis

Kapal Mistral Prancis
Kapal Mistral Prancis
Perdana Malaysia Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak Selasa 1 September 2015 mengadakan pertemuan profil tinggi dengan Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian dan perwakilan industri pertahanan Prancis. Pertemuan yang digelar satu jam di Kuala Lumpur tersebut secara serius membahas soal kemungkinan penjualan kapal operator helikopter kelas mistral yang semula dipesan Rusia tetapi gagal dikirimkan.

Menurut anggota delegasi Le Drian, pertemuan yang juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein, antara lain, membahas tentang kemungkinan Malaysia untuk membeli Mistral operator helikopter.

Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Malaysia Bernama, Le Drian dan Hishammuddin Hussein akan memimpin komite pertahanan Prancis -Malaysia yang akan membahas rencana tersebut.

Sebelumnya surat kabar Prancis La Tribune melaporkan bahwa Malaysia menjadi salah satu negara yang tertarik untuk membeli salah satu kapal Mistral yang telah dipesan oleh Rusia dari STX Perancis dan kemudian batal diserahkan.

Prancis La Tribune menyebutkan Malaysia telah tertarik untuk sebuah kapal mirip dengan Mistral setidaknya 10 tahun lalu.
Berita Terbaru

    5 Comments

    1. Malaysia akan punya kapal induk mistral, terus Indonesia punya apa ya? jangan-jangan buat ngerebut ambalat, terus Indonesia mau lawan pakai apa? hayo PR buat TNI, biar nanti nggak dibuli.

      BalasHapus
    2. Kapal induk mistral prancis disebut kapal tercanggih didunia, Rusia negara adidaya saja beli di prancis, nanti kalau Malaysia punya mistral wah gawat darurat dong, tetangganya siap-siap dipecundangi

      BalasHapus
    3. Malaysia bukan negara kaya, nggak bakalan Malaysia beli kapal Mistral. Ini dapat dilihat:
      1. Resesi ekonomi malaysia parah dan fundamental ekonomi Malaysia tidak kuat.
      2. Pengadaan pengganti pesawat tempur MIG 29 Malaysia melalui leasing bukan pembelian tunai.
      Pengadaan secara leasing menandakan kemampuan financial dari Malaysia terbatas. Kemampuan financial Malaysia terbatas apa masih mampu beli kapal Mistral?
      3. Kalaupun Malaysia mampu beli kapal Mistral tetapi dapat dipastikan tidak mampu merawat karena keterbatasan SDM ( Dapat dilihat SDM Malaysia tidak mampu memperpanjang usia MIG 29, padahal usia MIG 29 bisa diperpanjang dan di upgrade seperti yang dilakukan negara Polandia yang mampu melakukan upgrade dan memperpanjang usia mig 29) dan biaya perawatan mistral sangat besar (karena disisi satu harus merawat tehnologi Perancis dan disisi satu harus merawat tehnologi Rusia).

      Dari 1,2 dan 3 diatas masihkah ada yang bilang Malaysia masih mampu beli Mistral?

      BalasHapus
    4. biarkan saja, kapal sejenis itu tak terlalu mdukung untuk kekuatan perang di kawasan asean , jenis perang untuk negara asean kan jenis pertahanan diri , kapal itu trlalu banyak memakai BBM, dan kita tak perlu khawatir suatu saat kita bisa mbuat kapal perang bertenaga nuklir,

      BalasHapus
    5. Untuk pengetahuan Kamu semua kapal pengakut helipkopter mistral ini telah pun berada di malaysia..sedang menjalani latihan di laut China selatan.

      BalasHapus