Indonesia Pastikan Beli Lima Kapal Selam Kilo Class Baru

Kilo Class
Kapal Selam Kilo Class produksi Rusia
Indonesia memastikan akan membeli kapal kelas Kilo buatan Rusia. Bukan itu saja, kapal yang dibeli dipastikan adalah kapal selam baru, bukan bekas.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan, Jenderal (Purn) Ryamirzad Ryacudu.  “Dari pada beli 10 tapi second, lebih baik lima tapi baru,” ujar Ryamirzad di kompleks DPR, Jakarta, Senin 21 September 2015.

Meski demikian, Ryamirzad enggan merinci kapan pengadaan alutsista untuk matra laut itu dilakukan. “Itu AL [Angkatan Laut] yang tau,” imbuhnya.

Dipilihnya Kelas Kilo Rusia karena kapal selam jenis tersebut dinilai memiliki keunggulannya baik dalam menyelam maupun senjata.

“Kalau kapal selam Rusia paling lama nyelemnya dan paling dalam, serta bisa menembak pesawat dari kedalaman laut,” ujarnya sebagaimana dikutip Okezone.

Seperti diketahui, selain membeli kapal selam jenis Chan Bogo dari Korea Selatan, TNI AL juga tertarik untuk memperkuat armadanya dengan kapal selam jenis kilo. Sementara mantan KSAL, Laksamana (Purn) Bernard Kent Sondakh sempat mengkritik rencana pembelian kapal selam kilo tersebut. Menurutnya, kapal jenis kilo tergolong susah suku cadangnya.
Berita Terbaru

    3 Comments

    1. seharusnya pembelian kapal selam kilo class wajib disertai TOT menurut isu suku cadangnya juga susah sya kawatir jika 20thn ada kerusakan pd suku cadang maka akan dirongsokan sprti kapal selam dimasa bung karno dulu,jadi saran sya PT.PAL harus minta TOT untuk memproduksi suku cadangnya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. wajib TOT apalagi ada rencana buat kapal selam sendiri...

        Hapus
    2. Seperti Nya KS KiLo 636 Itu Uda Berada Di Perairan Laut Indonesia.!

      BalasHapus