Vietnam Terima Dua Tambahan Kapal Selam Kilo Class Produksi Rusia

Vietnam Kilo Class
Kapal Selam Kilo Class Produksi Rusia
Vietnam pada Sabtu 1 Agustus secara resmi menerima dua tambahan kapal selam kelas Kilo produksi Rusia. Pada upacara komisioning di Cam Ranh Naval Base di Khanh Hoa, selatan Hanoi, Laksamana Pham Hoai Nam, komandan Angkatan Laut Vietnam, mengatakan tambahan kapal selam kilo menandakan dimulainya tahap baru dalam meningkatkan angkatan laut dan kemampuan tempur Vietnam.

Kapal selam itu diberi nama 184-Hai Phong dan 185-Khanh Hoa yang merupakan nama kota pesisir Vietnam. Saat ini Vietnam masih menunggu dua kapal selam Kilo Varshavyanka lagi untuk melengkapi enam kapal yang dipesan pada 2009 dari Shipyard Admiralty di St. Petersburg dengan anggaran sebesar US$ 2 miliar.

Dua kapal selam pertama, 182-Hanoi dan 183-Ho Chi Minh, diserahkan ke Vietnam pada bulan April tahun lalu. Pengiriman terakhir dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2016.

Rusia juga akan melatih awak kapal selam kilo Vietnam dan menyediakan suku cadang untuk perbaikan. Kantor berita Vietnam VNA melaporkan semua kapal selam ditugaskan untuk bergabung dengan Brigade Submarine 189

Dengan kekuatan enam kapal selam Vietnam akan menjadi kekuatan yang tidak bisa diremehkan oleh siapapun termasuk China yang terlibat konflik klaim pulau di Laut China Selatan.

Pham Hoai Nam juga menekankan dalam sambutannya bahwa penguatan angkatan laut Vietnam tidak dimaksudkan untuk menciptakan perlombaan senjata atau mencegah negara-negara lain, tapi hanya untuk melindungi kedaulatan negara dan menjamin perdamaian di kawasan itu.

Kapal selam kelas Kilo pertama dirilis pada awal 1980-an. Model terbaru kapal memiliki panjang hampir 74m, berat perpindahan 3.000 ton dan dapat beroperasi di kedalaman 300 meter dengan kecepatan 20 mil laut per jam. (Hanoi)
Berita Terbaru

    0 Comment "Vietnam Terima Dua Tambahan Kapal Selam Kilo Class Produksi Rusia"

    Posting Komentar