Australia Akan Segera Bangun Frigate Dan Kapal Selam Siluman

Stealth Submarine
Stealth Submarine
SYDNEY - Australia akan menghabiskan dana A$89 miliar (dolar Australia) atau sekitar Rp884 triliun untuk membangun kapal dan kapal selam siluman dalam waktu lebih dari 20 tahun. Hal itu disampaikan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, Selasa (4/8/2015).

Proyek pembuatan kapal itu untuk jenis Kapal Frigrate SEA5000 dan Kapal Patroli Lepas Pantai SEA1180. Partai Liberal Australia memastikan proyek kapal selam siluman Australia akan dibangun di dalam negeri untuk melakukan penghematan.

”Hal mendasar yang telah kita lakukan hari ini adalah memastikan bahwa kita tidak hanya harus membangun kapal di Australia, (tapi) kita memiliki armada yang dibangun di Australia,” kata Abbott kepada wartawan di Adelaide, seperti dikutip Reuters.

Proyek kapal selam siluman Australia itu diperebutkan banyak kontraktor pertahanan. Di antaranya, ThyssenKrupp (TKMS) dari Jerman, DCNS dari Prancis, serta konsorsium Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Heavy Industries dari Jepang.

TKMS sudah “merayu” Pemerintah Australia dengan imbalan keuntungan ekonomi dan politik untuk merebut proyek besar itu. Sedangkan Pemerintah Jepang selama ini aktif terlibat pembicaraan dengan Abbott, terutama sejak sengketa maritim di Asia yang melibatkan China memanas.

Abbott juga tertarik untuk memperdalam hubungan keamanan dengan Jepang. Hal itu sesuai keinginan AS untuk dua sekutunya tersebut agar mengambil peran yang lebih besar dalam hal keamanan di wilauyah Asia, di saat kekuatan militer China tumbuh besar. (sindonews.com)
Berita Terbaru

    0 Comment "Australia Akan Segera Bangun Frigate Dan Kapal Selam Siluman"

    Posting Komentar