Pemerintah RI Resmi Pensiunkan Pesawat Tempur Hawk MK-53

Hawk MK-53
Pesawat Tempur Hawk MK-53 TNI AU
SLEMAN,suaramerdeka.com - Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) hari ini resmi mempensiunkan salah satu jenis pesawat tempur yang dimilikinya, Hawk MK-53. Selanjutnya pesawat buatan Inggris tersebut akan digantikan pesawat generasi terbaru, T-50 Golden Eagle.

“Rencananya pesawat Hawk MK-53 yang akan pensiun akan melakukan penerbangan terakhir dari Lanud Iswahyudi Madiun ke sini (Lanud Adisutjipto-red). Landing sekitar pukul 11.45 sampai 12.45 nanti,” ungkap Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Mayor Sus Hamdi Londong Allo, Kamis (12/3) pagi.

Setibanya di Lanud Adisutjipto, ujar Londong, pesawat Hawk MK-53 itu akan dimasukkan ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ada di dalam kompleks Lanud. Menyusul satu pesawat sejenis yang sudah dimuseumkan. “Kami pensiunkan untuk selanjutnya dimuseumkan dan disimpan di sini,” imbuh Londong.

Londong menambahkan, untuk selanjutnya peran dan tugas Hawk MK-53 akan digantikan pesawat T-50i Golden Eagle buatan Korean Aerospace Industries (KAI). Pesawat tempur ringan ini sudah dimiliki Indonesia sejak 2014 silam sebanyak 16 unit.

Mereka ditempatkan di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Madiun menggantikan tugas Hawk MK-53 yang sudah bertugas 30 tahun. Atas penggunaan pesawat T-50i ini menunjukkan Indonesia sebagai operator perdana pesawat itu di luar Korsel.

Dari penelusuran, jumlah pesawat Hawk MK-53 yang tersisa hanya dua unit, dari sekitar 20-an unit lainnya yang dibeli pemerintah era 1980-an. Usianya yang sudah uzur serta kesulitan mencari suku cadang ditambah harganya yang sangat
mahal membuat jumlahnya terus berkurang. (suaramerdeka.com)

0 Comment "Pemerintah RI Resmi Pensiunkan Pesawat Tempur Hawk MK-53"

Posting Komentar