Kapal Selam Nuklir China, Type 094 Jin Class

Type 094 Jin Class Submarine
Tipe 094 atau Jin Class kapal selam generasi kedua SSBN dari angkatan laut Cina
Akhir akhir ini ada berita tentang perkembangan kapal selam nuklir china yang membuat cemas AS. Berita di sindonews.com yang berjudul “Maju Pesat, Kapal Selam Nuklir China Kagetkan AS “dengan berita sbb:

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) kaget dan merasa telah diungguli Angkatan Laut China. Sebab, kemampuan kapal selam nuklir China saat ini maju pesat dari perkiraan AS.

Kekagetan AS itu disampaikan Wakil Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana Joseph Mulloy kepada Komite Angkatan Bersenjata Parlemen AS. ”Cukup menakjubkan,” katanya.

Menurutnya, Beijing berhasil mengeksplorasi cara-cara baru untuk memproyeksikan kekuatan militernya di laut. ”Kualitas mereka mungkin tidak sama, namun pasukan kapal selam mereka tumbuh pada tingkat yang luar biasa. Mereka sekarang memiliki lebih banyak kapal selam nuklir dari yang kita miliki,” ujar Mulloy, seperti dilansir Russia Today, Kamis (26/2/2015).
Type 094 Jin Class Submarine
Kemajuan pesat kemampuan kapal selam nuklir China membuat AS kaget. Foto Reuters.
“Mereka memproduksi beberapa kapal selam yang cukup menakjubkan dan mereka benar-benar mengerahkan segalanya,” lanjut dia. Mulloy melanjutkan, Angkatan Luat China setidaknya telah menyebar tiga (kapal selam nuklir) ke Samudera Hindia. Beijing juga mampu mengirim kapal selam dengan rudal balistik dalam sebuah misi yang berlangsung selama 95 hari.

”Kami tidak berpikir bahwa mereka memiliki senjata nuklir di kapal, tapi kami telah melihat mereka memproduksi rudal itu dan mengujinya,” ujar Mulloy.”Kami tahu mereka keluar dengan bereksperimen dan ingin tampil di dunia dengan kapal selam yang canggih.

Angkatan Laut AS dilaporkan memiliki 71 kapal selam yang bisa diandalkan. Sedangkan China, menurut perkiraan Pentagon pada tahun lalu memiliki 77 kapal selam, 55 kapal amfibi besar dan menengah, dan sekitar 85 kapal perang kecil dengan senjata rudal.

Dan berita sebelumnya dari kabar24, pada bulan desember 2014 yang berjudul “Saingi Kemampuan AS, China Siapkan Kapal Selam Nuklir”

China akan melengkapi kapal selam siluman miliknya dengan senjata nuklir yang mampu mencapai Amerika Serikat sekaligus menyembunyikan kemampuan senjatanya yang hanya diperlukan jika tiba-tiba mendapat serangan musuh.

Lima puluh tahun setelah China melakukan uji coba senjata nuklir, kini negara itu mulai mengoperasikan kapal selam jenis JIN. Kapal tersebut sulit untuk dideteksi dan dilengkapi senjata nuklir balistik JL-2 yang akan membuat negara itu siap untuk menghadapi setiap serangan sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (9/12/2014).

Kapal selam nuklir itu kemungkinan akan melakukan patroli dengan menggunakan peluru kendali pada akhir tahun ini. Peluncuran itu akan membuat China memiliki kemampuan teknologi bawah laut berbasis nuklir yang tepercaya, menurut laporan tahunan kongres yang diserahkan Komisi Tinjauan Keamanan AS-China.

Pengerahan sistem senjata itu akan mengangkat prestise China pada saat pemerintahannya berupaya mengakhiri apa yang disebut sebagai “perang dingin” yang membuat AS mendominasi keamanan kawasan Asia Pasifik.
Type 094 Jin Class Submarine
Type 094 Jin Class Submarine
Type 094 Jin Class Submarine
Type 094 Jin Class Submarine
Type 094 Jin Class Submarine
Type 094 Jin Class Submarine
Bagaimana gambaran dari Kapal Selam Nuklir milik China yang membuat cemas Amerika dan  menjadi ancaman yang serius.

Jin class, Ballistic missile submarine
Tipe 094 (NATO kode:  Jin Class) kapal selam bertenaga nuklir membawa rudal balistik adalah generasi kedua SSBN dari angkatan laut Cina. Ini perkembangan yang mungkin dimulai pada awal 1980-an. Ini adalah penerus dari Type 092 atau kelas Xia . Seluruh proyek dikerjakan secara rahasia.

Spekulasi telah dibuat, bahwa pengembangan Type 094 class dibantu oleh Russian Rubin Design Bureau, namun informasi ini tidak dijelaskan lebih detail. Pembangunan kapal dimulai pada tahun 1999 dan diluncurkan pada tahun 2004. Kapal pertama ditugaskan pada tahun 2010. Saat ini setidaknya tiga kapal telah diluncurkan. Kapal kedua diluncurkan pada tahun 2007. Beberapa sumber mengklaim, bahwa total 5 kapal selam kelas ini diproyeksikan dalam waktu dekat.
Type 094 Jin Class Submarine
Spesifikasi Type 094 Jin Class Submarine
Penampakan Luar dari Jin Class ini menyerupai versi skala-up dari kelas Xia. Hal ini juga mencakup beberapa teknologi dari Type 093 ( kelas Shang ) kapal selam serang bertenaga nuklir.

Jin Class dikabarkan akan membawa dua belas JL-2 (NATO penunjukan CSS-N-5 Sabbot) SLBM. Rudal JL-2 memiliki jangkauan maksimum 8 000 km dan dapat membawa sampai 3 hulu ledak nuklir. Ini akan memungkinkan kapal selam ini untuk menyerang wilayah AS dalam jangkauan rudal, sementara ini beroperasi dari perairan pesisir Cina. Hull dari kapal selam itu diperbesar untuk mengakomodasi tabung rudal dan bagian dari reaktor nuklir. Awalnya kapal selam tersebut direncanakan untuk membawa 16 rudal. Persenjataan lainnya meliputi enam tabung 533 mm torpedo.

Beberapa sumber menyatakan bahwa kapal selam rudal balistik Cina mengalami masalah dan kelemahan dalam desain. Pada tahun 2013 KS Jin Class tidak pernah dikirim pada misi patroli .  (military-today.com)

Kabar terbaru tentang  JL-2  menurut  washingtontimes.com, February 18, 2015, “China melakukan uji coba rudal JL-2 sub”
Chinese Missile Launch JL 2
Chinese Missile Launch JL 2
China melakukan uji coba dari rudal JL-2 dengan kapal selam rudal balistik terbaru bulan lalu, hal ini menyoroti adanya penumpukan nuklir Beijing kapal selam rudal.  Uji  coba JL-2  berlangsung pada  tgl 23 Januari  2015, menurut pejabat pertahanan pentagon terkait.

Tidak ada rincian tes yang tersedia. Cina di masa lalu telah melakukan  test   JL-2 dari Laut Bohai.

Juru bicara Pentagon Lt. Col. Jeff Pool  menolak mengomentari tes tsb. Tapi  Lt. Col. Jeff Pool mengatakan uji  coba  JL-2 telah dibahas dalam laporan tahunan terbaru Pentagon thd militer China sebagai salah satu bagian dari People’s Liberation Army Navy’s    “first credible long-range sea-based nuclear deterrent.”

Di saat test JL-2 berlangsung, kebetulan, pada hari yang sama menurut pejabat Pentagon   ,    Korea Utara juga melakukan hal yg sama,   juga meluncurkan rudal balistik kapal selam yang disebut KN-11. Para pejabat pentagon mengatakan ada atau tidaknya  hubungan antara dua tes tsb.

Kongres AS-Cina bidang Keamanan Ekonomi  menyatakan dalam laporan terbaru tahunan yang JL-2 merupakan bagian dari perluasan pasukan nuklir  strategis Cina  dan tampaknya telah mencapai kemampuan operasional awal.

“JL-2 dengan jangkaun sekitar 4.598 mil memberikan China kemampuan untuk melakukan serangan nuklir terhadap Alaska jika diluncurkan dari perairan di dekat China;  Alaska dan Hawaii jika diluncurkan dari perairan selatan Jepang; Alaska, Hawaii dan bagian barat daratan Amerika Serikat jika diluncurkan dari perairan barat dari Hawaii; dan terhadap semua 50 negara bagian AS jika diluncurkan dari perairan timur dari Hawaii, “kata laporan itu.

Laporan komisi mengatakan bahwa meskipun ketidakpastian jumlah rudal nuklir Cina dan hulu ledak, “itu adalah kekuatan nuklir yang jelas Cina selama tiga sampai lima tahun ke depan akan meningkat   jauh dan menjadi lebih mematikan dan survivable dengan additional road-mobile nuclear missiles ; sebanyak lima JIN Class [kapal selam rudal], yang masing-masing dapat membawa 12 JL-2 kapal selam rudal balistik; dan rudal balistik antarbenua bersenjata dengan beberapa  multiple independently targetable reentry vehicles (MIRVs). “

China Global Times media  milik  Chinas nationalistic pada tahun 2013 menerbitkan sebuah artikel panjang yang menyatakan bahwa  serangan rudal   nuklir  JL-2  di Amerika Serikat bagian barat akan membunuh 5.000.000-12.000.000 orang melalui kombinasi ledakan dan kejatuhan radioaktif.

Artikel ini kemudian ditarik dari situs surat kabar setelah laporan tentang laporan provokatif diterbitkan di Barat.

Pemerintahan Obama dan Pentagon tetap diam pada laporan Global Times. Ketika ditanya tentang laporan di November 2013, Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana. Jonathan Greenert tampaknya mengabaikan ancaman nuklir kapal selam rudal Cina sebagai tidak kredibel.

China telah melakukan patroli kapal selam rudal pertama dengan JL-2 rudal bersenjata nuklir pada akhir tahun lalu.

Namun, Badan Intelijen Pertahanan Direktur Korps Marinir  mengatakan kepada House Armed Services Committee  3 Februari bahwa patroli kapal selam rudal pertama diluncurkan  pada   tahun ini.

Tahun lalu, China pada dua kesempatan dikerahkan kapal selam ke Samudera Hindia . apa yg dikatakan Lt. Gen. Vincent Stewart adalah bagian dari rencana untuk meningkatkan proyeksi kekuatan Cina.

“China terus produksi JIN-Class  kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir dan rudal balistik kapal selam,” kata jenderal itu. (JKGR)

0 Comment "Kapal Selam Nuklir China, Type 094 Jin Class"

Posting Komentar