Black Box AirAsia QZ8501 Berhasil Ditemukan, TNI AU Siapkan Pesawat Untuk Dibawa Ke Jakarta

Black Box AirAsia QZ8501
Kronologi Ditemukannya "Black Box" AirAsia QZ8501 (foto: kompas.com)
PANGKALAN BUN, Kompas.com - Tim penyelam gabungan TNI AL akhirnya berhasil menemukan dan mengangkat flight data recorder (FDR) dari black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Senin (12/1/2014) pagi. Penemuan black box ini diawali dari deteksi pinger detector milik Kapal Navigasi Jadayat, Jumat (9/1/2014) lalu.
Black Box AirAsia QZ8501
Black box terdeteksi sekitar 1,7 mil laut dari lokasi ekor pesawat yang sebelumnya telah ditemukan. (foto: detik.com)
Saat itu, diduga black box yang seharusnya ada di ekor pesawat sudah keluar dan terseret arus. Sebagian tim penyelam yang ada di KRI Banda Aceh pun langsung dikerahkan ke KN Jadayat untuk fokus mencari dan mengangkat black box tersebut, sementara tim sisanya yang berada di KRI Banda Aceh fokus untuk mengangkat ekor pesawat.
Evakuasi AirAsia QZ8501 (foto: kompas.com)
Penyelam baru bisa turun secara penuh pada Minggu (11/1/2014), setelah ekor pesawat berhasil diangkat sehari sebelumnya. Setelah diangkat, di ekor pesawat itu memang tidak ditemukan adanya black box sehingga dugaan black box terseret arus semakin menguat.

Turun dengan kekuatan penuh, pada hari Minggu itu penyelam sudah mulai terdapat titik terang. Serpihan-serpihan pesawat berhasil ditemukan.

Ketika serpihan sayap pesawat didekati dengan pinger detector, sinyal pun semakin menguat. Namun, arus bawah air pada hari itu sudah membesar sebelum tim penyelam belum sempat melakukan pencarian.

Tim gabungan Komando Pasukan Katak, Marinir dan Dinas Selam Bawah Air ini hanya sempat memasang tali dan balon penanda. Pada Senin pagi, tim penyelam turun kembali dan langsung melakukan pencarian di lokasi.

TNI AU Siapkan Pesawat Untuk Bawa Black Box Ke Jakarta
TNI AU Hercules
TNI AU Hercules
Pangkalan Bun (MI) : Komandan Lapangan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Letnan Kolonel Penerbang Jhonson Simatupang mengatakan sudah menyiapkan pesawat CN maupun Hercules untuk mengangkut black box pesawat AirAsia QZ8501 ke Jakarta.

“Kami standby, CN dan Hercules yang bawa black box,” kata Jhonson, Senin (12/1/2015).
Seperti diketahui, black box telah ditemukan oleh tim penyelam TNI AL di kedalaman 30 sampai 32 meter Selat Karimata, Pangkalan Bun, Senin (12/1/2015) pukul 07.11 WIB. Informasi yang terekam diblack box akan mengungkap apa yang terjadi sebelum pesawat jatuh.

Jhonson menambahkan sampai siang ini timnya belum mendapat arahan dari Basarnas mengenai apakah alat vital AirAsia berwarnaorange itu akan langsung dibawa ke Jakarta atau diinapkan dulu di Pelabuhan Kumai.
“Saya belum mendapat informasi dari KNKT apakah mau dibawa langsung ke Jakarta ataukah mau ditaruh di sini dulu,” kata Jhonson.

Setelah black box berhasil ditemukan, Johnson mengatakan timnya akan tetap mendukung operasi pencarian korban dan serpihan pesawat yang sampai sekarang belum ditemukan seluruhnya.
“Kami selalu mendukung. Kalau ada permintaan baru kami bantu, kan memang dari pertama TNI sudah membantu. Contohnya pangkalan ini (Lanud Iskandar) kan pangkalan TNI, jadi TNI men-support,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Minggu (28/12/2014) pagi, pesawat AirAsia mengalamilost contact. Pesawat jenis Airbus A320 dengan rute Surabaya- Singapura mengalami lost contact pada pukul 06.17 WIB di sekitar Pulau Belitung pada titik koordinat 03°22’15”S – 109°41’28.” Pesawat bertolak dari Surabaya sekitar pukul 05.35 WIB dan seharusnya tiba di Bandara Changi Singapura pukul 08.30 waktu setempat.

Pesawat itu ternyata jatuh di Selat Karimata. Jumlah orang yang berada di dalam pesawat sebanyak 162 orang yang terdiri dari 138 dewasa, 16 anak-anak, satu bayi, dan tujuh awak pesawat. (harianaceh.co.id)
Berita Terbaru

    0 Comment "Black Box AirAsia QZ8501 Berhasil Ditemukan, TNI AU Siapkan Pesawat Untuk Dibawa Ke Jakarta"

    Posting Komentar