Taiwan Luncurkan Kapal Perang Terbaru Menggunakan Peluru Kendali Corvette Stealth

Tuo Jiang Corvette
Tuo Jiang Corvette
Taipeh:(DM) — Taiwan meluncurkan kapal perang terbaru menggunakan peluru kendali Corvette Stealth.

Fox News mengabarkan Jumat (12/12/2014), kapal perang yang diberi nama Tuo Jiang itu berbobot mati 500 ton. Menurut harian South China Morning Post, kapal perang yang diuji coba akhir pekan lalu itu, mampu mencapai kecepatan hingga 38 knots.

“Corvette memainkan peranan penting dalam menyerang kapal musuh,” tulis kantor berita Taiwan Central News, TCN. “Kapal tersebut dapat bergerak cepat, sehingga dapat mendekati sasaran tanpa diketahui radar musuh,” tulis kantor berita itu lagi. Dalam rekaman video yang disiarkan Rabu (10/12/2014) lalu, Tuo Jiang terlihat mengungguli kapal perang corvett milik AS, USS Independence.

Pemerintah Taipei menyebutkan, kapal perang terbaru itu merupakan bagian dari program pembuatan kapal perang bernilai total US$800 juta. Program tersebut berencana membangun tujuh kapal perang dan sebelas kapal corvette Stealth untuk melindungi Taiwan dari serangan kapal induk Tiongkok.

Kapal Perang Tuo Jiang yang dibangun Galangan Kapal Lung Teh itu memiliki panjang sekitar 60 meter dan lebar 14 meter. Kapal yang membawa 41 orang awak kapal ini dipersenjatai dengan Hsiung Feng III atau HF-3, sebuah peluru kendali berkekuatan supersonik. Peluru yang diproduksi oleh Institut Ilmu dan Teknolgi Chung-San, merupakan peluru kendali paling mematikan bagi kapal induk Tentara Pembebasan Rakyat, PLA Tiongkok.

Tuong Jiang akan menjalani tes dan evaluasi terakhir sebelum diluncurkan. Kapal perang ini rencananya akan digunakan Angkatan Laut Republik China, RoCN pertengahan 2015 nanti. (web.inilah.com)

0 Comment "Taiwan Luncurkan Kapal Perang Terbaru Menggunakan Peluru Kendali Corvette Stealth"

Posting Komentar