Lapan Luncurkan Drone Varian Terbaru LSU-05

LSU-05 Buatan Lapan
Lapan menguji varian pesawat tanpa awak atau UAV terbaru, LSU-05, Selasa (2/12). Pesawat tersebut diluncurkan dengan melakukan test high speed taxi dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

LSU-05 merupakan varian baru dari pesawat tanpa awak buatan Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Lapan yang diterbangkan dari Rumpin Airfield AU. Pesawat ini dirancang untuk mampu membawa muatan seberat 25 hingga 30 kilogram.

Generasi kelima varian Lapan Surveillance Aircraft (LSU) ini memiliki bobot 80 kilogram dengan bentangan sayap 5,5 meter dan panjang 4 meter. “Dalam sesi uji coba ini, pesawat mampu melakukan take-off, taxi, autopilot atau monitoring, serta landing gear dengan baik”, ujar Peneliti Aerostruktur Lapan, Kosim Abdurrahman.

Awalnya, pesawat yang dirancang sejak akhir 2013 tersebut, didedikasikan untuk penelitian bersama dengan Chiba University. Pesawat tersebut ditargetkan mampu membawa muatan CP SAR yang didesain Tim Chiba University yang berbobot hingga 25 kilogram. Design requirement pesawat cukup menantang. Selain harus mampu membawa muatan, pesawat ini juga dituntut memiliki kemampuan terbang dengan kestabilan tinggi sesuai dengan kebutuhan pemetaan yang menggunakan radar.
LSU-05 Buatan Lapan
Menurut Kepala Bidang Avionik Lapan sekaligus komandan misi uji terbang LSU-05, Ari Sugeng, pesawat ini selanjutkan akan diuji terbang di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Ia menargetkan, pesawat ini harus mampu take off saat uji terbang nanti.

Sementara itu, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Lapan, Gunawan S. Prabowo, menjelaskan bahwa desain final pesawat ini masih memerlukan waktu satu tahun lagi. “Pada 2015, Lapan akan memaksimalkan desain dengan melakukan performance test flight sebanyak mungkin dan re-manufacture struktur untuk mengurangi bobot pesawat agar lebih efektif.

Uji terbang ini dihadiri para perekayasa, peneliti, dan teknisi di lingkungan Pusat Teknologi Penerbangan Lapan. (Sumber: Lapan)

0 Comment "Lapan Luncurkan Drone Varian Terbaru LSU-05"

Posting Komentar