Amankan Kawasan Laut, Vietnam Perkuat 6 Kapal Selam Kilo Class

Kapal selam Kilo kelima Vietnam diluncurkan (foto: DatViet)
Kapal kelima dari enam kapal selam Kilo Class yang dibeli Vietnam dari Rusia diluncurkan di Admiralty Shipyards, St. Petersburg, ujar kantor berita Rusia Interfax.

Kapal selam dengan kode HQ-186 Khanh Hoa adalah kapal kelima dari enam kapal selam diesel elektrik Proyek 636,1 yang dipesan oleh Vietnam.

Dua kapal selam pertama, HQ-182 Hanoi dan HQ-183 Ho Chi Minh City, tiba di Vietnam pada awal Januari dan pertengahan Maret.

Yang ketiga, HQ-184 Hai Phong, diangkut ke kapal kargo Belanda Rolldock Star pada 16 Desember dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Cam Ranh Vietnam akhir bulan depan.

Yang keempat, HQ-185 Da Nang, diluncurkan pada tanggal 28 Maret dan sedang menjalani pengujian.

Kapal keenam, sekaligus yang terakhir, HQ-187 Ba Ria-Vung Tau, dibangun sejak 28 Mei dan dijadwalkan untuk dikirim ke Vietnam pada tahun 2016.

Keenam kapal selam ini merupakan peningkatan kualitas atas kapal selam Kilo class terdahulu, dengan fitur enam tabung 533 mm yang dapat meluncurkan rudal anti kapal selam permukaan TEST-71 series dan torpedo kelas berat anti-kapal selam.

Pesanan Vietnam ini dibangun dengan kesepakatan harga US $ 2 miliar yang ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung ke Rusia pada tahun 2009.

Sesuai dengan kontrak, Rusia akan menyelesaikan semuanya pada tahun 2016, melatih awak Vietnam, dan menyediakan suku cadang yang diperlukan. (ThanhNienNews).

0 Comment "Amankan Kawasan Laut, Vietnam Perkuat 6 Kapal Selam Kilo Class"

Posting Komentar