Rantis Komodo 4×4 Varian Recon

Rantis Komodo 4×4 Recon (photo: armyrecognition)
Jakarta – Dalam Indo Defence 2014, PT Pindad meluncurkan Kendaraan taktis militer Komodo 4×4 versi Reconnaissance yang dilengkapi body antipeluru yang mampu menahan tembakan senjata mesin 7.62 mm. Rantis Komodo ini telah digunakan oleh Kopassus dan Brimob.

Komodo versi Recon ini berbasis chasis truk Sherpa Renault yang dilengkapi transmisi otomatis dengan mesin Renault 4 silinder yang menghasilkan 230 HP dengan kecepatan maksimal 80km /jam.

Dengan kapasitas tanki 165 liter, Komodo varian Recon ini memiliki kemampuan jelajah maksimum 450 km. Selain dilengkapi dengan body anti peluru, Komodo juga menggunakan kaca anti peluru 38mm. Dengan berat 7,5 ton kendaraan taktis ini mampu menampung beban maksimal 1,5 ton untuk membawa 5 orang prajurit dengan peralatan tempur lengkap.

Rantis Komodo 4×4 Recon (photo: armyrecognition)
Rantis Komodo bisa dipasang turret senjata mesin 7,62 mm atau 12,7 mm. Kendaraan Komodo varian Recon memiliki panjang 5,4 m, lebar 2,3 m dan tinggi 2,2 m. Saat ini TNI AD memesan 40 kendaraan yang 8 diantaranya telah dikirim.

TNI juga tampaknya tertarik dengan Komodo varian mobile artillery command post dan telah menandatangani kontrak pengadaan 56 unit. Pesanan akan dikirim tahun 2015, dilengkapi platform peluncur rudal anti-serangan udara Mistral buatan MBDA. (Armyrecognition)

0 Comment "Rantis Komodo 4×4 Varian Recon"

Posting Komentar