Vietnam Tambah Batalyon Rudal Bastion-P / K-300P

Rudal pertahanan Pantai Bastion-P

Media Rusia dari sumber industri pertahanan mendapatkan laporan dari Menteri Pertahanan Rusia bahwa Vietnam berniat membeli tambahan rudal Bastion-P / K-300P, (NATO : SSC-5).

Sumber itu mengutip perwakilan Rusia dalam pertemuan komisi antar-pemerintah dalam kerjasama teknik militer, mengatakan: “Saat ini kontrak sedang dipersiapkan untuk ditandatangani, Vietnam memiliki kesempatan untuk menjadi partner nomer 1 Rusia dari kerjasama dibidang teknik – militer di Asia Tenggara.

Menurut pejabat tersebut, selama pertemuan itu, Vietnam dan Rusia juga mendiskusikan kemungkinan pembelian yang lebih banyak rudal batalyon pertahanan garis pantai Bastion-P, begitu juga dengan dengan jet tempur multirole SU-30MK2 dan sejumlah sistem pertahanan udara.

Informasi ini meningkatkan perhatian dari banyak negara lain. Angkatan Laut Vietnam saat ini, memiliki battalion Bastion-P anti-ship cruise missiles dengan rudal supersonic Yakhont yang menjadi “shield of steel” dari Vietnam. Rudal ini dikenal sebagai salah satu senjata yang paling modern untuk anti-kapal di garis pantai.

Bastion-P dirancang untuk menghancurkan kapal musuh di segala jenis cuaca, termasuk di lingkungan udara yang dijamming.

Rudal yakhont memiliki berat 3 tons, panjang 8,9 m, diameter 0,7 m serta wingspan 1,7 m. Selongsong rudal didisain dengan
navigasi 4 pintu di dekat bagian ekor, yang merupakan jalan masuk udara untuk menghidupkan mesin.

Mesin jet supersonik Yakhont menghasilkan tenaga 2 kali kecepatan suara. Dengan kecepatan maksimum yang besar, lawan sangat sulit untuk menghindar atau bereaksi dan dengan mudah dihancurkan oleh ledakan fragmentasi hulu ledak seberat 200-250kg.

Menurut para ahli internasional, Yakhont memiliki kemampuan untuk menghancurkan kapal perang besar dengan satu tembakan.

Setelah meninggalkan peluncur, sistem navigasi dari rudal ini akan terbang dengan inertial navigation programmed. Dalam phase mendekati target, sistem aktiv radar yang ada di rudal akan aktif melakukan pencarian, mendeteksi target pada jarak 75 km.

Secara khusus, dalam tahapan ini, rudal akan terbang rendah dari garis air laut 5- 15 meter. Faktor ini juga meningkatkan daya tahan rudal yakhont terhadap ancaman sistem pertahanan udara pada kapal musuh.

Jangkauan rudal Yalkhont, tergantung dari mode penerbangan. Jika terbang tinggi (high orbit) ke rendah, jangkauannya 300 km. Jika terbang rendah (low orbital fligh), maka akan mendapatkan jarak tembak 120 km.

Rudal Yakhont didisain untuk diintegrasikan dalam sejumlah platform: (kapal permukaan, kapal selam, pesawat terbang, platform darat). Platform darat saat ini yang menggunakan rudal yakhont umum nya untuk pertahanan garis pantai yang menggunakan bastion-P.

Satu sistem Bastion-P dapat melindungi garis pantai sejauh 600km.

Sumber dari Rusia mengatakan pada tahun 2011, Vietnam telah menerima 2 battalion sistem pertahanan laut Bastion-P. Sistem Persenjataan standar dari Bastion-P terdiri dari: 4 kendaraan peluncur yang masing masing membawa K340P (2 peluncur rudal Yakhont pada setiap truk); kendaraan pembawa amunisi cadangan; radar fire control Monolit-B; kendaraan komando dan logistik, serta technical support. (BaoDatViet)

0 Comment "Vietnam Tambah Batalyon Rudal Bastion-P / K-300P"

Posting Komentar